Jaga Performa Akreditasi, RSUD Bob Bazar Terapkan Punishment dan Reward

 


 


 

KALIANDA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

Direktur RSUD Bob Bazar Kalianda Dr. Reny Indrayani mengatakan, pembenahan akan difokuskan dalam hal fasilitas dan pelayanan. 

"Yang pertama pasti pelayanan, karena kita mau menjaga performa pelayanan setalah terakreditasi. Kedua meningkatkan fasilitas, karena kebutuhan perawatan di Rumah Sakit tidak hanya kelas tiga. Jadi tuntutannya memang harus lebih nyaman," kata Reny Indrayana, (19/8/2024). 

Reny mengatakan, fasilitas yang akan menjadi fokus diantaranya adalah ruangan kelas III hingga VIP. Selain itu, RSUD Bob Bazar juga sedang fokus untuk mempertahankan akreditasi paripurna, atau akreditasi terbaik bagi pelayanan Rumah Sakit. 

"Tahun 2017 kita sudah mencapai itu dan 2020 terjadi Covid-19. Karena akreditasi harusnya tiga tahun, otomatis diundur dan alhamdulillah RSUD Bob Bazar sudah paripurna," imbuhnya.


 

Dalam hal pelayanan sumber daya manusia (SDM) di RSUD Bob Bazar juga akan menjadi perhatian pihak management. Sistem punishment dan reward, nantinya akan diterapkan oleh pihak RSUD Bob Bazar. 

Menurutnya, sangat mungkin, karena pelayanan tergantung pemberi pelayanan itu sendiri. Contohnya dari perawat, petugas farmasi, petugas radiologi, memungkinkan tinggal merubah mainset atau pola pikirnya.

"Kalau mereka sudah memiliki pola pikir melayani dengan baik, saya rasa bisalah menjadi seperti Rumah Sakit swasta," terangnya. (*)